cara pijat bayiPertumbuhan dan perkembangan bayi ditunjukkan dengan motoriknya yang berkembang dengan baik. Perkembangan motorik biasanya diperlihatkan dengan tingkah laku bayi yang tidak ingin diam dan terlihat dia ingin melakukan segala hal sendirian.

Perkembangan bayi tersebut memang sangat wajar terjadi, karena hal tersebut menunjukan bahwa anak berkembang dengan sangat baik. Selain itu, dalam kesehariannya anak pasti juga akan bermain bersama dengan orang tua atau pun anggota keluarga yang lainnya.

Hal ini biasanya membuat tubuh bayi cepat lelah dan terkadang bayi akan menangis karena lelahnya dan rasa sakit pada tubuh, untuk membuat rileks kembaki anda bisa melakukannya dengan cara pijat bayi, dengan cara tersebut sudah tentu akan dapat membuat tubuh rileks dan nyaman.

Melakukan pemijatan untuk bayi anda bisa melakukannya setiap hari setelah mandi sembari mengoleskan minyak hangat pada tubuh bayi, hal ini tidak ada salahnya untuk dilakukan meskipun dengan hanya pemijatan ringat tetapi akan memberikan kenyamanan pada tubuh bayi dan tidak akan membuat bayi merasa kesakitan.

Pemijatan juga bisa dilakukan secara khusus dengan ahlinya. Anda bisa melakukan pemijatan khusus ini minimal satu kali dalam 2 minggu, tetapi untuk melakukan pemijatan setiap hari seperti pemijatan ringan anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Namun, sebelum itu anda harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa cara memijat bayi yang baik dan benar. Cara memijat tubuh bayi yang baik adalah sebagai berikut ini.

  1. Pijat terlebih dahulu bagian perut sampai dada dengan menggunakan minyak bayi yang biasa anda gunakan, pijatan yang anda berikan bisa merupakan pijatan yang lembut agar tidak membuat bayi merasa kesakitan lakukan minimal tiga atau lima kali balikan agar membuat tubuh bayi menjadi hangat.
  2. Pijat bagian punggung bayi, setelah anda selesai memijat bagian perut dan dada maka anda lanjutkan ke bagian punggung, anda bisa memposisikan bayi anda menjadi tengkurap di tangan anda, oleskan minyak bayi dan berikan pijatan lembut di punggung bayi agar terasa hangat.
  3. Pijat bagian pundak dan lengan bayi serta telapak tangan, dengan memberikan pijatan di bagian tersebut maka akan membuat persendian bayi terasa nyaman kembali dan tidak merasa sakit akibat gendongan orang tua yang terlalu keras.
  4. Pijat bagian kaki bayi sampai dengan telapak kaki hal ini berguna agar persendian kaki menjadi lebih ringan dan menjadi rileks kembali. Selain itu juga membuat kaki bayi menjadi hangat.

Itulah cara pijat bayi yang baik dan benar, anda bisa melakukannya setiap hari setelah bayi selesai mandi.