teknologiPesawat tanpa awak atau nirawak atau UVA (Unmanned Aerial Vehicle) merupakan mesin terbang yang dikendalikan secara jarak jauh atau dapat mengendalikan dirinya sendiri. Pesawat tanpa awak ini biasa disebut drone, perkembangan teknologi pesawat tanpa awak ini cukup panjang bermula dari kebutuhan akan senjata pada Perang Dunia I (1914-1916), dimana pada saat itu sekutu membuat sebuah pesawat tanpa awak ini dibuat oleh Archibald Low tahun 1916.

Pesawat tanpa awak ii digunakan untuk membombardir Jerman, bahkan nama drone ini diambil dari sebutan angkatan udara Inggris  terhadap pesawat tanpa awak ini yang berarti lebah jantan. Teknologi drone kini berkembang cukup signifikan dan tidak hanya untuk dunia militer seperti dulu namun digunakan oleh beragam kalangan bahkan menjadi hobi tersendiri dan komunitas pengguna drone kini marak di berbagai kota besar.

Penggunaan drone saat ini diatur dalam Undang-undang No.90/2015 yang dikeluarkan oleh mentri perhubungan berisi “melarang pengoperasian drone di kawasan udara terlarang, di kawasan udara terbatas, dan kawasan keselamatan operasi penerbangan suatu bandar udara.

Drone dilarang diterbangkan lebih dari 500 kaki atau 150 m. Untuk ketinggian yang lebih dapat meminta ijin pada Dirjen Pehubungan Udara paling lambat 14 hari sebelum dioperasikan”.Perkembangan teknologi drone di berbagai institusi baik pendidikan tinggi seperti ITB, ITS dan UGM serta universitas lainnya juga oleh lembaga penelitian seperti LIPI,LAPAN, LEN, BPPT hingga PT DI dan tentu saja TNI. Pembuatan drone kini merambah pada dunia pendidikan menengah yang didalamnya ada komponen teaching factory,  yang ada di SMK atau sekolah menengah kejuruan.

Sekolah tersebut adalah SMK Negeri 12 Bandung yang merupakan sekolah kejuruan, bekerjasama dengan industri pesawat terbang, beberapa komponen drone di buat di sana, di rakit kemudian di uji coba. Penggunaan drone selain untuk memantau perbatasan oleh TNI, untuk penelitian juga digunakan untuk industri pertelevisian bahkan dunia profesi fotografi.

Perkembangan teknologi pesawat tanpa awak ini akan terus berkembang, selain teknologi yang semakin maju juga penggunaannya yang akan semakin meluas merambah ke berbagai fungsi lainnya.