Di zaman serba canggih ini semua terasa mudah dan murah untuk mengabadikan sesuatu dengan menggunakan gadget smartphone di genggaman. Seiring perkembangan tersebut dua sisi positif dan negatif selalu berdampingan tidak terkecuali terhadap perkembangan dunia smartphone pada remaja.

Hadirnya smartphone canggih yang mampu memberikan beberapa inovasi terhadap perkembangan dunia anak dan remaja menjadikan salah satu pisau bermata dua yang tidak bisa dihindari. Salah satu yang menjadi salah satu fenomena yang miris di kalangan remaja adalah memanfaatkan teknologi smartphone untuk kegiatan negatif seperti merekam adegan yang kurang pantas yang semestinya dilakukan oleh orang yang sudah dewasa yang telah memiliki ikatan pernikahan.

Perubahan mental dan cara berpikir yang dilakukan oleh sebagian kaum remaja di era informatika ini merupakan salah satu dampak dari arus globalisasi yang tidak terbendung. Dengan percepatan informasi komunikasi yang tiada batas menjadi salah satu pemicu timbulnya hal negatif di kalangan remaja dari usia SMP sampai kuliahan.

Seyogianya teknologi digunakan untuk kebutuhan manusia sebagai pembantu untuk meringankan dan mempermudah pekerjaan bukan untuk dimanfaatkan sebagai salah satu ajang yang negatif yang berdampak buruk lagi terhadap perkembangan remaja berikutnya. Belum lagi kalangan anak-anak yang masih belia yang sekarang ini asyik menggunakan smartphone sehingga mengalami ketergantungan dan sulit untuk berkembang karena terlalu fokus terhadap mainan pada smartphone.

Fenomena yang terjadi pada remaja dengan kecanggihan teknologi sekarang ini adalah satu tugas besar yang harus dibimbing oleh para orang tua di rumah dan semu kalangan di lingkungan sekitar. Beberapa upaya bisa dilakukan dengan pengenalan internet positif oleh orang tua, guru dan masyarakat pada umumnya.

Dengan penggunaan gadget yang bijaksana yang diajarkan oleh orang tua maupun kalangan masyarakat pada umumnya menjadikan salah satu pelajaran yang sangat penting untuk kehidupan dan masa depan yang lebih baik lagi. Dengan perilaku positif seperti menggunakan internet positif adalah salah satu pengembangan diri untuk memiliki jiwa positif sebagai remaja di era informatika dengan arus globalisasi di zaman modernisasi saat ini ini.