Tips Merawat Laptop Agar Tidak Mudah HangLaptop merupakan salah satu perangkat yang saat ini sudah digunakan oleh banyak orang di negara kita untuk berbagai kegiatan entah itu untuk keperluan bekerja ataupun untuk keperluan belajar maupun mengerjakan tugas sekolah.

Laptop bahkan sering juga digunakan untuk bermain game dan juga menonton karena kegunaannya yang sangat bermanfaat. Namun perlu anda ketahui jika laptop tidak dirawat dengan baik, maka laptop yang anda miliki akan mengalami beberapa kendala seperti salah satunya hang pada layar.

Namun anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips merawat laptop dengan cara yang sederhana agar laptop anda tidak hang.

1 . Perhatikan Aplikasi dan Game yang Akan Dipasang

Saat ini ada banyak sekali jenis aplikasi maupun game yang bisa kita pasang pada laptop. Namun alangkah lebih bijaknya anda mengetahui terlebih dahulu spesifikasi laptop yang anda miliki sebelum memasang game maupun aplikasi agar tidak menimbulkan hal yang tidak anda inginkan.

Ketahui terlebih dahulu minimum spesifikasi dan rekomendasi spesifikasi dari suatu game atau aplikasi yang akan dipasang. Jika tidak memenuhi persyaratan minimum maka anda tidak diperbolehkan untuk menginstalnya karena jika memaksa, laptop anda akan berat menjalankannya dan cepat panas. Hal inilah yang membuat laptop menjadi mudah hang.

2 . Perhatihan Temperatur

Panas yang berlebihan pada suatu alat elektronik khususnya laptop ini tidak baik untuk kesehatannya. Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya panas yang berlebihan pada suatu laptop. Beberapa hal tersebut diantaranya seperti terlalu lama menggunakan aplikasi ataupun bermain game tanpa istirahat, kipas di dalam laptop yang sudah rusak serta berbagai hal lainnya.

Cara menghindarinya ada dua hal yakni dengan mengistirahatkan laptop ketika sudah terlalu panas dan juga memasan kipas portable atau eksternal yang dipasang di luar laptop untuk membantu mendinginkannya.

Kedua cara di atas bisa anda lakukan sebagai tips merawat laptop yang mudah dan juga sederhana. Kedua langkah tersebut bisa anda lakukan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar dalam merawat laptop agar tidak mudah hang.

Jangan lupa juga menghapus registri error dan melakukan defrag minimal satu minggu satu kali atau sesuai kebutuhan.