Sebuah perangkat komputer biasanya terdiri dari tiga bagian yaitu perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau software serta manusia yang mengoperasikannya atau brainware. Kemudian, untuk perangkat keras juga dibagi ke dalam tiga bagian yaitu perangkat masukan (Input Device) seperti keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya, kemudian perangkat keluaran (Output Device) seperti monitor, speaker, dan printer, dan yang terakhir adalah perangkat pengolah data (Processor) seperti unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang ketiga macam perangkat keras yang ada dalam sebuah perangkat komputer tersebut secara lebih detail.

Adapun macam – macam komponen perangkat keras yang membentuk sebuah perangkat komputer adalah sebagai berikut :

  1. CPU (Central Processing Unit) CPU Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.
    Komponen CPU ada tiga bagian yaitu CU(control unit) sebagai pengontrol semua arus pusat, ALU (aritmetik Logical Unit) sebagai pemroses data berupa angka aritmetika, dan Register membantu memproses instruksi ke memory (RAM).
  2. RAM ( Random Access Memory). Memori berfungsi sebagai penyimpan sementara, baik untuk system operasi, program aplikasi, atau file kerja selama komputer dalam kondisi dioprasikan.  Jenis memori RAM seperti : DRAM, SRAM, EDO RAM, SDRAM dan DDRAM, DDR II.
  3. Monitor. Monitor Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.
  4. Keyboard. Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi.
  5. Mouse. Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.
  6. Printer. Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.
  7. CD/DVD ROM. CD/DVD ROM adalah alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).
  8. Compact Disk (CD). CD merupakan media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik. Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.
  9. Floppy Disk. Floppy disk merupakan alat tambahan pada perangkat komputer untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya.
  10. Harddisk. Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar.