Intel sebagai salah satu perusahaan hardware raksasa yang selalu terus mengupdate berbagai perangkat kerasnya untuk kebutuhan komputer selalu menawarkan inovasi – inovasi terbaru. Beberapa tahun yang lalu Intel telah mengenalkan teknologi terkini miliknya untuk chip prosesor terbaik yang mampu membuat kinerja suatu komputer menjadi lebih baik lagi melalui seri Core i7 yang laris dipasaran.

Chip ini pun telah  dikenal oleh banyak orang untuk membantu pekerjaan sehari – harinya seperti editor multi media hingga untuk kebutuhan gaming yang tidak dipungkiri menjadi salah saat aktivitas yang seru ketika dilakukan menggunakan komputer maupun laptop. Saat ini, Intel pun telah kembali menawarkan produk terbarunya yaitu chip prosesor Haswell yang tidak memerlukan kipas.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, prosesor adalah suatu komponen yang memerlukan sebuah kipas atau pendingin agar menjaga suhunya tetap stabil. Namun, chip prosesor Haswell yang ditawarkan oleh Intel ini memiliki keunggulan teknologi terkini yang mampu bertahan dan ditancapkan tanpa menggunakan kipas.

Chip terbaru ini berjalan dengan daya listrik yang hanya 4.5 watt saja (SDP/Scenario design point), yang artinya panas dari chip ini hanya sedikit jadi tidak memerlukan kipas pendingin pada saat menggunakannya. Akan tetapi, masih tetap membutuhkan sistem ventilasi udara saja dari chasing untuk mendinginkannya. Itu pun sudah cukup untuk tetap menjaganya.

Proses ini sudah mulai dikenal oleh banyak orang dan akan menjadi teknologi prosesor di masa depan yang tetap dingin meski dijalankan untuk berbagai kebutuhan. Proses terbaru dari Intel Ivy Bridge sendiri saat ini telah berjalan dengan menggunakan daya 10 watt dan 7 watt (limited) yang mana masih memerlukan sebuah sistem kipas pendingin.

Tanpa adanya kipas, tentu jika digunakan pada laptop atau perangkat komputer maka cash akan semakin diringkas menjadi semakin tipis. Meski demikian, prosesor ini masih tersedia secara limite edition dan eksklusif saja ke beberapa OEM saja. Jadi, Kita harus menunggu apakah proses ini akan dipasarkan secara global dalam jangka waktu yang tidak akan lama lagi atau membutuhkan perjalanan yang cukup panjang.