Sebagai ibu khususnya mereka yang disebut ibu muda sangatlah penting memenuhi gizi dan nutrisi buat si kecil di 1000 hari pertama kehidupan. Karena hal ini sangat berkaitan dengan pertumbuhan si kecil kedepannya apakah sesuai dengan perkembangannya sesuai dengan usia yang terus bertambah. Sekarang ini, cukup banyak sumber yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam menyiapkan makanan atau sumber nutrisi yang diperlukan bagi si kecil.

Mulai dari makanan hingga minuman sekalipun tersedia dalam berbagai bentuk. Namun yang pasti, dalam menyiapkan makanan atau minuman hendaklah mempertimbangkan nilai gizi yang dimiliki. Bukan sekedar memberi yang penting anak tidak merasa lapar akan tetapi mampu memenuhi keperluannya selama masa pertumbuhan.

Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan

Misalnya di usia anak baru lahir maka memberi ASI adalah salah satu hal yang teramat penting buat kebutuhan nutrisi anak. Atau, bisa juga dengan menambahkan asupan gizi yang disesuaikan dengan usia si kecil. 
Kecukupan gizi yang dipenuhi setiap harinya akan membuat si kecil jauh dari malnutrisi.

Jika kondisi ini terjadi maka akan berdampak bagi perkembangannya. Itu sebabnya, sangatlah disarankan agar menyediakan makanan pendamping maupun utama dengan kandungan gizi tinggi.

Adapun tahadap dalam memberikan nutrisi haruslah disesuaikan dengan usia si kecil. Misalnya saja di usia 6 bulan hingga 1 tahun maka anak harus diberi MPASI atau makanan pendamping. Nah, tentu sangat disarankan agar menu makanan yang diberikan harus sesuai dengan sistem pencernaan si kecil. Misalnya saja tidak menggunakan garam atau gula, kemudian menghindarkan bahan tambahan seperti MSG dan lainnya yang bisa merusak sistem pencernaan.

Penggunaan makanan instan pun sebaiknya dihindarkan namun diganti dengan menu makanan rumahan yang sudah pasti terjamin nilai gizi dan proses pengolahannya. Oh ya, pemberian susu pun dianggap penting di usia seperti ini karena bayi masih membutuhkan kalsium dalam jumlah besar dan itu terdapat pada susu.