Menjaga kesehatan wanita terutama pada bagian vital yakni vagina, merupakan salah satu hal yang sangat harus diperhatikan. Karena organ intim yang bermasalah pada wanita akan sangat mempengaruhi kehidupannya sehari. Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi dan mencegah kesehatan vagina yang bermasalah, diantaranya.

Vagina merupakan alat vital pada wanita yang wajib untuk dijaga kebersihan dan kesehatannya. Karena kesehatan wanita pada area vagina sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari dan masa depan dari wanita itu sendiri. Penyakit yang biasa dialami oleh sebagian wanita pada alat vital adalah vagina gatal.

Dimana bila sudah terindikasi vagina gatal dapat menjadi gejala iritasi, infeksi jamur atau bakteri, bahkan gejala penyakit berbahaya. Ada pun yang menjadi penyebab adalah bahan kimia, infeksi, penyakit menular seksual, bahkan stress.

Vagina gatal merupakan kondisi yang umum terjadi pada kesehatan wanita, baik itu pada anak-anak bahkan wanita dewasa mengalaminya, namun cenderung tidak berbahaya. Tetapi bila kondisi tersebut sudah mulai membuat Anda tidak nyaman, dan terdapat beberapa gejala, maka sangat dianjurkan agar Anda segera diperiksakan ke dokter.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi dan mencegah vagina gatal, diantaranya:

Cara Mengatasi

Sebelum mengatasi vagina Anda, Dokter akan melakukan penelusuran riwayat keluhan, pemeriksaan fisik termasuk pemeriksaan dalam, dan menganjurkan pemeriksaan tambahan, seperti  tes darah, urine, pemeriksaan cairan vagina, dan pap smear untuk menentukan diagnosis penyakit. Ada pun langkah yang akan dilakukan untuk mengatasi vagina gatal adalah:

  1. Antibiotik untuk mengatasi infeksi menular.
  2. Obat-obatan anti jamur untuk keluhan jamur pada vagina. Yang dapat dikonsumsi dengan cara diminum atau krim yang dioleskan pada vagina.
  3. Krim atau tablet estrogen untuk gatal yang disebabkan menopause.
  4. Obat-obatan antihistamin diberikan untuk menangani gatal karena alergi.

Cara Mencegah

  1. Hindari penggunaan tisu, pembalut, pantyliner, juga pembersih organ kewanitaan yang mengandung pewangi pada bagian organ intim.
  2. Gunakan air bersih dan sabun biasa tanpa pewangi untuk membersihkan dan membasuh organ intim, cukup sekali dalam sehari.
  3. Bersihkan anus dari depan ke belakang, dan bukan sebaliknya setelah saat buang air besar.  Atau menggunakan tisu toilet setelah buang air kecil yang diusapkan dari arah vagina ke anus.
  4. Disarankan untuk mengganti pembalut bila dirasa sudah tidak nyaman.
  5. Mengganti celana dalam sehari 2 kali. Pilihlah celana dari bahan katun, karena lebih sehat daripada bahan sintetis seperti nilon.
  6. Menggunakan kondom saat berhubungan seksual.
  7. Saat vagina terasa gatal, hentikan untuk berhubungan seksual.
  8. Jangan menggaruk vagina yang gatal.
  9. Ganti pakaian olahraga, terutama baju renang setelah berolahraga.
  10. Hindari pemakaian celana atau rok ketat

Demikianlah beberapa cara untuk mencegah dan menjaga vagina gatal pada kesehatan wanita. Bila rasa gatal pada vagina sudah mulai mengkhawatirkan, segera periksa dan konsultasikan pada dokter. Untuk penanganan lebih lanjut.