Dalam meningkatkan kemampuan belajar anak, mengkombinasikan antara nature dan nurture menjadi hal yang penting. Tapi, sebagian dari Anda mungkin masih belum memahami dengan mendalam apa itu nature maupun nurture. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa keduanya merupakan aspek penunjang utama dalam perkembangan belajar buah hati. Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut.

Memahami Tentang Nature dan Nurture

Nature merupakan bahasa latin dari alami. Secara sederhana dalam topik perihal tumbuh kembang anak, nature merupakan faktor genetik atau bawaan individu bersangkutan. Jadi, ketika anak memiliki orang tua yang cerdas, persentase anak mewarisinya pun sangat tinggi. Bisa juga orang tuanya condong pada sosok kreatif, anak pun dapat menuruni karakteristik tersebut.

Sedangkan nurture merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Termasuk di dalamnya lingkungan, stimulasi, pola asuh, dan asupan nutrisi. Contohnya, orang tua menerapkan pola asuh kreatif sejak dini, maka mereka pun akan berkembang dengan kreativitas tinggi. Lingkungan yang kondusif, dalam hal ini dukungan orang tua juga memegang peranan krusial.

Sayangnya, justru aspek nurture inilah yang sering kali sulit untuk dipenuhi oleh para orang tua. Terlebih jika kedua orang tua anak bekerja sehingga tidak dapat mengawasi tumbuh kembang anak secara maksimal. Padahal, peran serta orang tua sangatlah dibutuhkan dalam peningkatan nurture anak.

Mengkombinasikan Nature dan Nurture

Dalam upaya meningkatkan kemampuan belajar anak, nature dan nurture harus dikombinasikan agar mendapatkan hasil optimal. Sebab, meski anak memiliki nature unggul, jika tidak dibarengi nurture seimbang, faktor genetik tersebut akan kalah. Hasilnya? Anak akan sulit mengembangkan kemampuan lahiriah yang dimiliki dan berada pada posisi yang stagnan atau bahkan terus menurun.

Begitu pula sebaliknya, jika anak memiliki nurture yang bagus tetapi tidak memiliki nature unggul, hasilnya pun akan kurang maksimal. Karenanya, mengkombinasikan serta menyeimbangkan kedua faktor tersebut sangatlah penting dalam proses parenting anak. Ketika anak terbentuk dari kombinasi nature dan nurture yang seimbang, mereka akan menjadi SDM unggul. 

Ditambah lagi jika berusaha memberikan nutrisi tambahan di luar asupan yang didapat melalui makanan. Makana dan susu yang penuh gizi merupakan opsi yang tepat sebagai penyempurna kombinasi antara nature dan nurture. Dengan memberikan produk asupan nutrisi ini akan lebih memaksimalkan lagi upaya peningkatan kemampuan belajar anak.