Semakin hari semakin marak perusahaan yang bernaungan sistem online. Banyak situs yang melakukan pinjaman online bunga rendah. Pinjaman yang dilakukan oleh situs resmi akan terlebih dahulu terdaftar di OJK. OJK atau bisa disebut sebagai situs yang mengawasi finansial dan keuangan dalam situs online. 

Pengawasan yang dilakukan oleh OJK harus diketahui oleh masyarakat agar tidak mudah terpengaruh akan korban illegal yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu anda harus mengetahui beberapa ciri ciri situs online yang tidak wajar.

1. Identitas sulit diketahui

Salah satu ciri situs online tersebut illegal yakni situs menyamarkan identitas diri dan alamat dari situs pinjol. Walaupun situs tersebut menawarkan suku bunga pinjaman online bunga rendah namun anda harus tetap hati hati. Salah satu cara untuk mengenali apakah situs pinjol tersebut aman atau tidak yakni dengan melihat adakah logo OJK di sisi atas situs. Jika terdapat logo tersebut anda bisa sedikit lega jika situs tersebut memang resmi.

2. Pinjaman mudah cair

Ciri selanjutnya yakni proses pengajuan dana mudah dan cepat dilakukan setelah melalui beberapa tahapan dan syarat yang dimaksudkan. Anda bisa menanyakan juga tentang suku bunga rendah dari situs tersebut agar nantinya tidak terjadi masalah saat pembayaran cicilan. Jika pada situs resmi mereka akan senang hati memberikan informasi yang detail terkait dengan layanan untuk para nasabah.

3. Bunga rendah

Nah, seperti yang diketahui sebelumnya, jika situs pinjol merupakan situs pinjaman online yang resmi, pinjaman dilakukan dengan memasang suku bunga yang rendah. Jika sebuah situs membebankan bunga yang besar, anda perlu curiga jika situs tersebut merupakan situs abal abal. Dan segera mendapatkan situs lain yang lebih terpercaya.

4. Menghargai privasi

Jika situs pinjaman online anda menanyakan data diri anda secara pribadi termasuk password kartu kredit dan lain sebagainya, patut anda waspadai karena bisa saja situs illegal yang berkedok penipuan. Untuk itu anda perlu mencermati situs situs online yang sudah resmi dan legal. Dengan menanyakan langsung ke customer service atau kepada orang yang sebelumnya pernah memakai jasanya.