Memiliki perhiasan berlian bukan berarti Anda dapat begitu saja memilikinya, karena pada faktanya ada banyak perawatan yang harus Anda perhatikan. Apabila berlian tidak dijaga dan dirawat dengan baik, sudah dipastikan berlian akan tampak jelek dan tidak terlihat seperti berlian asli.

Berikut ini ada beberapa perawatan perhiasan berlian yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, diantaranya adalah:

1. Handling

Selalu usahakan untuk melepas cincin berlian bersentuhan langsung dengan tangan. Karena terkandung minyak alami yang terdapat pada jari, yang tidak banyak orang menyadari hal tersebut. Bila bersentuhan langsung dengan jari akan mengurangi kilau berlian.

Usaha yang dapat Anda lakukan adalah dengan membasahkan jari menggunakan air sabun bila merasa cincin susah untuk dilepaskan. Dan malam haru merupakan waktu yang tepat untuk melepaskannya, karena jari menyusut pada malam hari.

2. Metal

Perhiasan yang menggunakan bahan dasar emas asli tidak mudah berubah warna. Tetapi tidak jarang cincin akan menjadi kusam dan warna pudar. Hal tersebut karena poles akhir cincin yang sudah berkurang kualitasnya.

Dan biasanya juga perhiasan akan mengalami perubahan warna menjadi kusam karena polesan atau goresan yang terjadi dalam waktu setahun. Anda dapat kembali ke toko perhiasan tersebut untuk pemolesan ulang.

3. Tempat Penyimpanan Berlian

Karena berlian memiliki tingkat kekerasan yang paling tinggi diantara batu alami lainnya, maka harus ada tempat khusus untuk berlian. Selain untuk menjaga kualitas berlian, juga menjaga perhiasan lainnya dari gesekan berlian yang keras. Apabila terpaksa disimpan bersamaan dengan perhiasan lainnya, gunakan kain lembut untuk membungkus berlian, agar tidak merusak perhiasan lainnya.

4. Jauhkan dari Bahan Kimia

Jangan pernah memakai berlian pada saat mandi, masak, make up, dan kegiatan lainnya. Hal tersebut dikarenakan bahan kimia yang terkandung pada alat atau produk. Usahakan untuk selalu mencopot berlian pada saat Anda akan melakukan aktivitas yang berhubungan langsung dengan bahan kimia.

5. Rendam dalam Air Sabun

Bila Anda merasa cukup repot untuk membawa berlian ke toko tempat pembelian, ada cara instan yang dapat Anda lakukan. Caranya adalah dengan merendam berlian menggunakan air hangat dan sabun selama 10 menit. Kemudian gosok perlahan dan lembut menggunakan kain lembut.

6. Menggunakan Vodka atau Alkohol

Anda dapat menggunakan kedua bahan tersebut untuk membersihkan berlian. Caranya cukup rendam berlian, gosok perlahan, kemudian bilas dengan air bersih. 

7. Cleansing Tools 

Mempunyai berlian berarti Anda harus mempunyai peralatan untuk perawatan, diantaranya seperti cleansing gel dan brush, atau kertas pembersih khusus (jewellery wipes),  dan kain khusus pembersih (polishing cloth) dan kuas pembersih.

Bila Anda tidak mempunyai waktu untuk melakukan perawatan secara rutin, Anda dapat pergi ke toko perhiasan berlian Frank & Co. Dengan demikian berlian yang miliki akan tetap terawat dan terjaga keasliannya serta kemilaunya.