Usia anak 0 sampai 5 tahun disebut sebagai periode emas perkembangan otak anak.  Ini dikarenakan pada masa rentang usia baru lahir hingga sekitar 5 tahun otak berkembang sangat cepat dibandingkan dengan periode setelahnya. Anda harus mengoptimalkan periode ini agar anak tumbuh kembang optimal hingga remaja dan dewasa.

Mengapa demikian? Para ahli menyebutkan bahwa di masa periode emas otak bertumbuh dan berkembang 95 persen dari keseluruhan hingga dewasa. Jika masa ini tidak optimal, misalnya hanya berkembang 50 persen, sisanya tetap tidak akan tergantikan ketika usia sudah lewat.

Nah, untuk mengoptimalkannya, ada 3 hal yang harus Anda lakukan.

1. Memastikan Asupan Nutrisi yang Dibutuhkan

Dalam perkembangannya, otak memerlukan berbagai asupan zat gizi dan nutrisi yang tepat. Misalnya, protein, AA, DHA, Omega 3, Omega 6, zat besi, seng Yodium, kolin, folat, vitamin A, vitamin B6, dan B12. Konsumsi atau asupan zat tersebut tidak hanya diperhatikan ketika anak sudah lahir. Anda harus memperhatikannya sejak awal kehamilan.

Pada periode emas kemampuan otak anak untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan juga sangat tinggi. Sekitar 50 sampai 70 persen zat gizi dan energi langsung diserap tubuh dan otak ketika dikonsumsi. Makanan yang baik dan memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan, antara lain susu, daging, keliru, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

2. Memberikan Stimulasi yang Cukup

Beberapa waktu orang mungkin beranggapan bahwa genetika atau keturunan paling berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Penelitian mengungkapkan hal sebaliknya. Genetika hanya memberi sedikit pengaruh.

3. Stimulasi dari Anda yang diberi dengan kasih sayang lebih banyak berpengaruh.

Stimulasi anak mulai dari dalam kandungan hingga usia balita dengan cara mengajaknya berbicara, mendongengkan cerita, memperdengarkan musik dan Alquran, dan sebagainya.

4. Memberi Perlindungan Optimal

Sebenarnya konsumsi zat gizi sudah termasuk memberi perlindungan pada anak karena di dalamnya terdapat zat yang meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, ada beberapa hal lain yang harus ditambahkan agar pertumbuhan dan perkembangan otak anak lebih optimal. Ini penting, karena gangguan kesehatan yang sering menerpa anak akan memperlambat tumbuh kembangnya.

Perlindungan yang dapat Anda berikan selain nutrisi adalah imunisasi, menjaga kebersihan lingkungan, dan mengajarkan anak menjaga kesehatan dirinya sendiri. Itulah 3 hal yang harus Anda lakukan di masa periode emas perkembangan otak anak. Selamat mendidik dan mengasuh dengan kasih sayang!