Kehamilan menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu bagi setiap pasangan yang telah menikah. Semua pasangan tentunya akan merasa bahagia ketika memiliki Anugerah berupa keturunan melalui proses kehamilan. Akan tetapi seiring dengan kehidupan sosial yang semakin Kompleks, proses kehamilan ada baiknya harus dilakukan secara terencana. Bagi setiap pasangan yang ingin merencanakan kehamilan biasanya sering melakukan konsultasi ke dokter ahli kandungan untuk mendapatkan program KB. Padahal ada beberapa macam KB alami yang bisa menjadi pilihan setiap pasangan yang ingin mem program kehamilan.

KB alami pertama yang bisa dipilih adalah mengatur jadwal hubungan seksual. Hubungan seksual pada masa subur atau ketika ovarium melepaskan sel telur membuat kesempatan untuk hamil menjadi lebih besar. Proses kehamilan bisa berlangsung ketika sperma mampu membuahi sel telur pada waktu tersebut. Untuk merencanakan kehamilan menggunakan KB tersebut yang harus kita ketahui adalah tidak berhubungan ketika pasangan kita dalam masa subur atau ovulasi. Dengan demikian kesempatan sel sperma untuk membuahi sel telur akan semakin kecil. 

Cara yang kedua adalah dengan mengukur suhu basal tubuh. Suhu basal tubuh merupakan suhu ketika tubuh dalam keadaan sehat. Masa subur akan mengakibatkan peningkatan suhu basal tubuh pada setiap pasangan. Untuk mengetahui suhu basal tubuh pada pasangan kita salah satu alat yang bisa digunakan adalah termometer khusus yang didesain untuk mengukur suhu tersebut.

Ketika masa subur suhu tersebut akan meningkat kurang lebih 0,3 derajat Celcius apabila suhu tersebut tetap stabil dalam beberapa hari kita bisa mengambil kesimpulan bahwa pasangan kita sedang dalam masa subur saat yang tepat untuk mengukur suhu basal tubuh adalah ketika pagi hari sebelum melakukan aktivitas Khususnya ketika bangun tidur.

KB alami selanjutnya adalah metode lendir serviks cara ini mengharuskan seseorang untuk mengetahui pola lendir serviks selama siklus haid ketika ovarium melepaskan sel telur tubuh akan mengeluarkan lebih banyak lendir yang biasanya tidak kental. Untuk melakukan teknik ini ada baiknya kita berkonsultasi kepada dokter hingga mengetahui karakteristik lendir yang menunjukkan ciri-ciri masa kesuburan pada pasangan.