Pada setiap jenjang pendidikan pada perguran tinggi tentu memiliki kelebihan tersendiri. Bagi kamu yang yang memutuskan untuk mengambil jenjang pendidkan D3 sehingga mendapat gelar ahli madya tentu akan terbiasa dengan banyaknya praktik lapangan, sehingga membantu melatih skill untuk siap bersaing dalam dunia kerja.

Berbeda dengan program D3, pada jenjang S1 mahasiswanya lebih banyak mempelajari teori, sehingga lulusannya akan menguasai konsep tertentu dan mampu menerapkannya pada realitas yang ada saat ini. Kelebihan dari dua program tersebut menjadikan sebagian orang memilih untuk mengambil program ekstensi D3 ke S1 agar mampu menguasai praktik dan juga menguasai teori.

Adanya penguasaan teori dan praktik menjadi alasan utama mengapa saat ini program ekstensi banyak diminati oleh sebagian banyak orang.

program ekstensi d3 ke s1
program ekstensi d3 ke s1

(source:https://jadikaryawan.com/wp-content/uploads/2017/06/kuliah-kelas-karyawan.jpg)

Karena apabila seseorang sudah mampu menguasai teori atau konsep tertentu kemudian memiliki kemampuan untuk menerapkannya maka dapat dipastikan orang tersebut akan mampu bersaing dalam lapangan pekerjaan.

Agar semakin menunjang karir kamu di masa depan, maka sebaiknya kamu juga perlu memperhatikan perguruan tinggi yang kamu pilih untuk menjalankan kuliah program ekstensi.

Jika kamu saat ini ingin melanjutkan jenjang pendidikan S1 pada bidang teknik informatika maka sebaiknya kamu memilih Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (STMIK IDS Digital College).

Mengapa IDS Digital College mampu menunjang karir kamu di masa depan? Karena perguruan tinggi ini memiliki pendekatan World Project yang akan membuat kamu siap menghadapi tantangan karir, bisnis dan pertumbuhan teknologi

Selanjutnya, selain alasan penguasaan teori serta kemampuan dalam mempraktikannya, terdapat beberapa alasan lain mengapa banyak orang saat ini yang memutuskan untuk mengambil program ekstensi D3 ke S1.

Alasan yang pertama adalah dengan mengambil program ekstensi tersebut maka dapat mengefisienkan waktu bagi siapapun yang telah mendapatkan gelar ahli madya untuk kemudian mendapatkan gelar strata satu (S1).

Ketika kamu sudah memiliki gelar ahli madya tetapi kamu tidak mengambil progam ekstensi melainkan memilih program reguler, maka hal tersebut akan lebih banyak menghabiskan waktu.

Karena ketika memilih program reguler maka kamu diharuskan untuk mempelajari teori dari dasar lagi yang sebenarnya sudah kamu peroleh pada jenjang pendidikan D3. 

Jika kamu memilih program ekstensi maka kamu hanya perlu mengambil beberapa mata kuliah yang belum kamu dapatkan pada jenjang pendidikan D3.  Tentu cara yang seperti ini lebih menghemat waktu, sehingga gelar sarjana pun dapat kamu peroleh dengan cepat.

Alasan yang kedua adalah kamu memiliki kesempatan untuk kuliah sembari bekerja. Mengapa? Karena kuliah untuk program ekstensi biasanya memiliki jadwal yang berbeda dengan kuliah reguler.

Program ekstensi memungkinkan mahasiswanya untuk memperoleh jadwal kuliah pada saat akhir pekan atau pada malam hari. Pada waktu-waktu tersebut merupakan waktu luang dari kesibukan dalam bejerja.

Apabila kamu kuliah pada waktu malam hari atau pada saat akhir pekan maka, pada saat weekdays dan pada saat siang hari kamu bisa memanfaatkan waktu kamu untuk kesibukan di tempat bekerja.

Adanya kesemopatan untuk kuliah sambil bekerja tentu menjadi salah satu keuntungan bagi kamu untuk mengambil program ekstensi D3 ke S1 karena kamu dapat menjalankan dua hal penting dalam hidup secara beriringan.