Membawa perhiasan berlian saat liburan, apa yang mesti kamu lakukan? Berlian bukanlah benda biasa-biasa saja, karena kami yakin bahwa kamu membelinya dengan harga yang sangat mahal. Itulah mengapa, cincin berlian atau anting berlian mesti diperlakukan lebih istimewa dibanding barang lainnya. 

Lalu bagaimana jadinya jika kamu ingin travelling? Apakah kamu akan menyimpannya di rumah atau membawanya bersama barang-barang yang lain? Jika kamu akan membawa cincin berlian saat liburan, maka kamu mesti cek beberapa tips berikut ini!

  • Asuransi

Hal pertama yang mesti kamu pastikan sebelum membawa perhiasan berlian saat travelling yaitu apakah perhiasan sudah diasuransikan? Ya betul sekali, asuransi ini dapat menjadi semacam penenang kamu saat liburan. Jadi meskipun perhiasan hilang saat liburan, maka kamu ‘pun bisa mengklaim asuransi sehingga kamu bisa mendapatkan ganti yang baru. 

perhiasan berlian
perhiasan berlian

Pada umumnya, sebagian besar penjual berlian, misalnya seperti Frank & Co. sudah menyertakan asuransi dalam produk. Tentu dengan adanya asuransi ini, kamu bisa lebih tenang saat liburan berlangsung. Namun jika berlian milikmu belum diasuransikan, maka pastikan kamu untuk mengasuransikannya terlebih dahulu. Sebaiknya jangan bahwa cincin berlian saat travelling jika cincin berlian belum memiliki asuransi. 

  • Jadilah Pengguna Perhiasan yang Cerdas

Saat kamu travelling, pastikan kamu tidak bertindak bodoh. Misalnya, memakai cincin berlian di lingkungan kumuh. Tentu akan ada banyak mata yang memandang perhiasan milikmu. Bisa saja yang memandang perhiasanmu merupakan maling, sehingga maling punya rencana untuk menggondol berlian milikmu. Bahkan di lingkungan modern ‘pun, kemungkinan terjadinya pencurian bisa saja terjadi. 

Jadi sebaiknya kamu menyimpan perhiasanmu pada kondisi-kondisi tertentu, misalnya seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Kamu baru bisa memakai perhiasan pada kondisi-kondisi aman, misalnya saat berkumpul bersama teman di hotel, bercengkerama bersama pasangan di kamar, atau saat sesi foto. 

Selain itu kamu ‘pun mesti paham, ada kondisi dimana kamu tidak diperkenankan menyimpan perhiasan didalam tas. Misalnya sebelum check-in untuk menaiki pesawat terbang, sebaiknya jangan menyimpan perhiasan didalam tas. Mengapa? Karena tas milikmu pasti akan melalui jalur inspeksi barang. Itu artinya akan ada gesekan dan juga petugas akan menggeledah barangmu. Tebak selanjutnya apa? Perhiasanmu bisa saja hilang sesaat setelah inspeksi barang. 

  • Berhati-hatilah Saat Berada di Hotel

Perlu kamu ketahui, kebanyakan kasus kehilangan berlian terjadi didalam hotel. Penyebabnya karena penghuni hotel menganggap bahwa hotel merupakan tempat yang aman sepenuhnya. Padahal faktanya? Banyak sekali kasus kehilangan barang yang terjadi didalam hotel. 

Kasus kehilangan yang paling sering terjadi yaitu perhiasan dicuri oleh staff hotel. Ya betul sekali, banyak orang yang dengan sengaja menaruh perhiasan didalam kamar. Alhasil, staff hotel yang sedang melakukan inspeksi atau perawatan kamar melihatnya dan akhirnya mencurinya. 

Itulah mengapa kamu mesti menyimpan perhiasan di tempat paling aman, bahkan saat berada di dalam hotel. Jika kamu tidak terlalu banyak bergerak saat berada di hotel, sebaiknya kamu memakai perhiasan sepanjang waktu. Satu hal lagi, jangan pernah lupa meninggalkan perhiasan didalam hotel. Saat kamu balik lagi ke hotel, maka perhiasanmu kemungkinan besar akan hilang selama-lamanya. 

Nah itulah beberapa tips penggunaan perhiasan berlian saat liburan. Jika kamu pikir bahwa perhiasanmu terlalu bernilai, maka sebaiknya jangan bawa perhiasan saat travelling. Selain itu sebaiknya kamu memakai cincin berlian yang tidak terlalu mencolok, misalnya seperti produk Timeless Wedding Ring yang bisa kamu beli di Frank & Co.