Untuk mengatasi masalah keuangan, banyak orang memilih untuk menggunakan modal bank. Namun, karena prosedur dan ketentuan bank belum dipahami dengan jelas, banyak orang mengalami kesulitan mengakses modal, permohonan pinjaman tidak memenuhi persyaratan, sehingga tidak disetujui.

Karena itu, sebelum mengambil pinjaman bank, pelanggan individu perlu memahami kondisi umum untuk mempersiapkan lebih serius, sehingga prosedurnya juga lebih cepat. Untuk itu BFI Finance hadir untuk mengatasi masalah keuangan Anda, dengan prosedur pinjaman gadai sertifikat rumah yang mudah, efisien dan cepat.

gadai sertifikat rumah
gadai sertifikat rumah

source: https://produk.bfi.co.id/blog/wp-content/uploads/2020/01/pinjaman-jaminan-sertifikat-rumah.jpg

Subjek yang Berhak Atas Pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman, Anda sebaiknya melengkapi dan harus memenuhi berbagai persyaratan yang diwajibkan oleh BFI

  • Individu yang memiliki kewarganegaraan Indonesia.
  • Individu dari 17 tahun.
  • Memiliki kartu ID / KTP
  • Slip gaji
  • Sertifikat rumah asli, harus sesuai dengan nama peminjam

Untuk pelanggan dengan kredit macet dari bank atau nilai kredit rendah, BFI dapat menolak untuk memberikan pinjaman.

Kondisi Penghasilan Peminjam

Calon nasabah perlu membuktikan penghasilan stabil mereka melalui kontrak kerja (valid) dengan laporan gaji atau slip gaji dari 3-6 bulan terakhir. BFI akan mempertimbangkan pendapatan peminjam dengan jumlah pinjaman untuk menilai kemampuan membayar utang. 

Kondisi Jaminan untuk Pinjaman

Untuk mendapatkan pinjaman gadai sertifikat rumah, pelanggan pertama-tama membutuhkan jaminan sertifikat untuk melakukan kewajiban mereka. Pelanggan dapat menggunakan jaminan ini, untuk menentukan jumlah pinjaman yang bisa dicairkan. Setelah itu, proses peminjaman memiliki langkah-langkah umum:

  • Menyiapkan dokumen

Staf BFI akan bertanya tentang pelanggan, tujuan pinjaman, berapa banyak yang dibutuhkan, berapa lama pinjaman, sertifikat rumah sebagai jaminan, penghasilan bulanan rata-rata. Setelah survei, staf BFI akan meninjau setiap jaminan dan membimbing pelanggan untuk membuat dokumen lengkap untuk memastikan kondisi pinjaman berjalan lancar.

  • Menerima dokumen pinjaman dan menilai pinjaman

Setelah menerima file pinjaman dari pelanggan, BFI Finance melanjutkan untuk mengkonfirmasi informasi dan memverifikasi file. BFI akan memiliki peraturan penilaian sendiri dengan tujuan membatasi risiko, meningkatkan kemampuan untuk membayar kembali pinjaman.

Semakin banyak pelanggan memberikan dokumen yang diperlukan, semakin cepat BFI akan menilai, dan semakin tinggi peluang persetujuan pinjaman.