Dalam proses membangun rumah atau bangunan lainnya, semen adalah salah satu material yang krusial. Semen adalah jenis bahan bangunan yang sangat penting dalam menunjang proses pembangunan yang lancar dengan hasil bangunan yang baik. Sebagian orang mengira bahwa semen hanya memiliki satu jenis saja, padahal ada beberapa jenis semen yang digunakan dalam setiap kebutuhan yang berbeda.

Semen terbuat dari campuran kapur dan material lainnya dan berbentuk serbuk. Semen adalah bahan material yang bersifat hidrolis, dan dapat menjadi keras ketika dicampur air atau larutan asam. Dengan fungsi sebagai perekat dalam pembuatan beton serta merekatkan batu bata saat membuat dinding. 

Jenis Bahan Bangunan
Jenis Bahan Bangunan

Tidak semua jenis semen dapat digunakan untuk semua kebutuhan dalam proses pembangunan. Seperti semen oil well (Oil Well Cement) yang dibuat untuk kegunaan yang khusus. Jenis semen ini memiliki ketahanan terhadap kadar sulfat yang tinggi.

Oil well cement digunakan untuk konstruksi yang memiliki kedalaman serta temperatur tertentu yang bisa disesuaikan dan kecepatan pengerasan dikurangi. Seperti misalnya dalam proyek yang sumur minyak bumi di bawah permukaan bumi dan laut. 

Oil well cement digunakan pada temperatur dan tekanan tinggi, dan sering dijumpai pada penggunaan pengeboran minyak atau digunakan untuk pengeboran air tanah artesis. Terdiri dari komposisi semen portland yang dicampur dengan retarder untuk memperlambat pengerasan semen seperti lignin, asam borat, casein, dan gula.

Jenis bahan bangunan semen OWC digunakan untuk penyekat pada proses pengeboran sumur minyak. Oleh karena itu, semen jenis ini juga dapat disebut sebagai semen sumur minyak. 

Dalam prosesnya, pipa besi yang disebut casing akan ditempatkan pada lubang sumur dan semen dipompa ke bawah melalui pipa tersebut. Ketika semen terpompa keluar melalui dasar casing tersebut dan kembali ke permukaan melalui bagian luar casing, maka semen akan membentuk ikatan kritis.

Yang mana merupakan ikatan antara bagian luar casing dengan dinding sumur yang telah dibor. Ikatan tersebut akan melindungi minyak, gas dan air bawah tanah agar tidak bercampur di dalam sumur tersebut. Kekokohan jenis bahan bangunan semen bergantung pada serangan sulfat dengan kadar, suhu dan tekanan yang tinggi selama proses pemompaan berlangsung.

Penting untuk memilih produk semen yang terpercaya keluhannya seperti Semen Tiga Roda. Oil Well Cement (OWC) dari Semen Tiga Roda diproduksi dengan standar mutu yang ketat sesuai dengan standar internasional.

Semen Tiga Roda telah menjadi kepercayaan para konstruksi bangunan dalam setiap proses konstruksi dan bangunan. Percayakan pilihan produk semen terpercaya yang berkualitas dengan mutu terjamin bersama Semen Tiga Roda.