Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat membuat popularitas dari jurusan sistem informasi meningkat drastis. Antusiasme generasi muda Indonesia dalam mempelajari dunia digital harus diimbangi dengan instansi yang kompeten dalam bidang digital dan sistem informasi.

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menjadi Mahasiswa Sistem Informatika

Tidak sedikit masyarakat yang masih belum mengetahui apa saja kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang mahasiswa sistem informasi. Padahal bekal untuk masuk ke dalam instansi pendidikan bonafit seperti IDS Digital College sangat mudah sehingga siapa saja dapat mencobanya.

jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi
  • Ketertarikan Dalam Bidang Digital

Sebelum menjadi seorang mahasiswa IDS Digital College anda harus memastikan apakah dunia digital merupakan passion anda. Jika jawabannya ya maka satu poin plus untuk anda. Menggali potensi memang harus diawali dari sebuah ketertarikan dalam bidang yang akan digeluti.

  • Kemampuan Analisa Logika

Untuk menjadi seorang programer anda harus memiliki analisa logika yang baik. Anda memang tidak perlu terlalu jenius seperti seorang detektif, paling tidak anda dapat menyelesaikan permasalahan dengan kompleksitas tinggi menggunakan cara paling sederhana.

  • Memiliki Ketertarikan Pada Bidang Matematik

Kemampuan berhitung seseorang yang akan masuk ke dalam IDS Digital College memang tidak harus terlalu jenius. Setidaknya anda memiliki ketertarikan dan mau meningkatkan kemampuan matematik. Karena nantinya komputasi sangat erat hubungannya dengan logika matematika.

Apa yang Nantinya Akan Anda Pelajari Pada Saat Menuntut Ilmu

Untuk memberikan gambaran mengenai apa yang akan dipelajari saat belajar pada jurusan sistem informasiberikut ini adalah beberapa materi yang akan dipelajari. Anda tidak perlu takut melihat nama-nama mata kuliah yang mungkin terdengar asing. Ilmu tersebut adalah modal awal anda menjadi seorang programer handal.

  • Pengantar Teknologi Informasi

Untuk memberikan pengetahuan dasar bagi para mahasiswa maka mata kuliah pengantar perlu diberikan. Jadi para mahasiswa tidak akan kaget dengan kurikulum baru yang mungkin masih asing bagi mereka. Jangan khawatir materi ini tidak terlalu sulit untuk dipelajari semua orang.

  • Statistika Dasar

Dalam mengolah data dan memprediksi hasil akhir yang mungkin akan terjadi pada sebuah peristiwa para mahasiswa membutuhkan modal awal berupa statistika dasar. Mata kuliah ini adalah salah satu yang paling penting untuk dipelajari agar anda dapat sukses menjadi seorang programer.

Bagi mereka yang belum pernah mendapatkan pendidikan pengantar statistika tidak perlu khawatir. Materi statistika dasar sangat mudah dipelajari karena berhubungan dengan logika. Tentunya akan sangat mudah jika anda menyukai permasalahan yang membutuhkan penyelesaian secara logis.

  • Algoritma dan Pemrograman

Setelah memiliki modal dasar dalam logika dan matematik anda akan diberikan pengetahuan mengenai dasar pemrograman. Pada tahap ini ilmu yang sebelumnya diperoleh akan diaplikasikan pada sebuah program awal. Anda akan dilatih membuat program sederhana untuk mengasah logika.

  • Rekayasa Perangkat Lunak

Inilah mata kuliah yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta programing. Rekayasa perangkat lunak nantinya akan mengajarkan anda bagaimana membuat sebuah program yang dapat digunakan dan berfungsi baik di lapangan. Jadi anda bisa bebas membuat apa saja sesuai keinginan.

Seluruh ilmu yang sebelumnya dipelajari akan diaplikasikan pada saat melakukan rekayasa perangkat lunak. Potensi pengembangan dari mata kuliah ini sangat tinggi. Anda nantinya akan mampu membuat dan memodifikasi sebuah program sesuai dengan keinginan.

Jadi apalagi yang menghalangi keinginan anda untuk mengejar cita-cita menjadi seorang developer aplikasi. Profesi ini sangat bergengsi dan banyak dibutuhkan di era seperti sekarang. Jangan sampai salah pilih jurusan sistem Informasi pastikan instansinya profesional dan kompeten seperti IDS Digital College.