Air bersih adalah kebutuhan utama semua orang. Pasalnya berbagai macam kegiatan harian pasti membutuhkan air, mulai dari memasak, mencuci baju, mandi, dan lain sebagainya. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, pemerintah Indonesia menyediakan layanan PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum. Jika menggunakan PDAM maka Anda wajib bayar tagihan PDAM online setiap bulannya.

Namun pernahkah Anda merasa bahwa tagihan PDAM membengkak padahal tidak melakukan apa-apa? Jika iya maka ada yang salah dalam penggunaan air. Berikut ini ada beberapa alasan yang mungkin membuat tagihan Anda membengkak:

Membiarkan Keran Terbuka

Kebiasan buruk seseorang yang bisa membuat tagihan PDAM membengkak adalah membiarkan keran terbuka. Entah itu ketika mengisi bak atau mencuci tangan, biasanya orang membiarkan kerannya terbuka begitu saja. Jika ingin menghemat air, sebaiknya tunggu bak hingga penuh baru ditinggal. Selain itu, Anda juga harus menutup keran saat mencuci tangan dan membukanya kembali saat ingin membasuh tangan. Hal tersebut juga berlaku jika Anda sedang mencuci buah, sayur, dan lain sebagainya.

Bayar tagihan pdam online
Bayar tagihan pdam online

Terdapat Saluran Air atau Pipa yang Bocor

Hati-hati terhadap saluran air atau pipa yang bocor. Pasalnya hal tersebut bisa membuat tagihan PDAM membengkak, bahkan bisa jauh lebih banyak dibandingkan tagihan bulan sebelumnya. Meskipun kran sedang tidak terbuka, saluran air atau pipa yang bocor akan terus mengeluarkan air tanpa berhenti sebelum dibenarkan. Selalu periksa saluran air agar tidak ada kebocoran.

Salah Dalam Menggunakan Mesin Cuci

Penggunaan mesin cuci yang salah ternyata juga bisa membuat tagihan PDAM membengkak. Salah satunya yaitu dengan terlalu sering mencuci baju sehingga load mesin cuci tidak terisi secara maksimal. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk mencuci saat pakaian kotor sudah banyak. Gunakan sabun cuci ramah lingkungan sehingga tidak membutuhkan banyak air saat mencuci.

Terlambat Membayar Tagihan

Selain dengan kebiasaan-kebiasaan tersebut, terlambat membayar tagihan juga menjadi penyebab jumlah tagihan Anda semakin besar. Anda harus membayar tagihan sebelum tanggal 20 setiap bulan. Apabila melewati tanggal tersebut maka tagihan selanjutnya akan ditambah dengan denda sehingga terasa lebih membengkak. Jadi Anda wajib membayar tagihan tepat waktu sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Bayar Tagihan Tepat Waktu dengan SimobiPlus

Tagihan PDAM yang membengkak mungkin bisa membuat Anda merasa kaget atau shock. Selain menggunakan air dengan tepat, Anda juga wajib bayar tagihan PDAM online tepat waktu agar tagihan tidak membengkak. Bank Sinarmas menghadirkan layanan pembayaran online yang bisa dilakukan melalui SimobiPlus.

SimobiPlus sendiri merupakan aplikasi mobile banking yang bisa digunakan di sistem operasi Android maupun iOS. Jadi Anda yang menggunakan ponsel Android maupun iPhone bisa menginstall aplikasi ini. Cara membayar tagihan PDAM dengan SimobiPlus yaitu sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi dan pilih menu “Pay”, setelah itu klik “Water”.
  2. Isi semua field yang diminta.
  3. Layar akan menampilkan rincian tagihan Anda. Pastikan bahwa rincian yang ada sudah benar.
  4. Setelah itu klik “Berikutnya”.
  5. Masukkan EasyPIN dari aplikasi SimobiPlus.
  6. Selesai.

Itulah alasan mengapa tagihan PDAM Anda bisa membengkak dan cara bayar tagihan PDAM online di Bank Sinarmas. Setiap transaksi pembayaran tagihan, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.500. Sangat terjangkau bukan dibandingkan harus membayar denda?. Selain lebih besar dari angka tersebut, kerugian lain dari telat bayar tagihan PDAM adalah pemutusan sambungan air. Jangan lupa juga untuk selalu menghemat air agar tagihan tidak terasa membengkak.