Cincin berlian merupakan simbol tanda cinta yang abadi, layaknya batu berlian yang merupakan batuan terkeras dan awet. Cincin kawin berlian menjadi pertanda sepasang kekasih yang siap melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Berlian sejak zaman dahulu sudah digunakan sebagai ornamen berbagai perhiasan.

Seiring waktu, cincin kawin berlian pun mulai populer dan digandrungi para mempelai. Alasannya karena berlian merupakan batu mulia yang sangat indah dan langka, sehingga memiliki harga yang tinggi. Para pasangan rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk memberikan cincin kawin berlian kepada orang tersayang.

Harga berlian mentah dapat melonjak tinggi ketika sudah dibentuk menjadi cincin berlian. Cincin berlian mempunyai beragam jenis dan berbagai kualitas. Untuk mendapatkan kualitas maksimal, potongan berlian juga harus bagus dan presisi.

Cincin kawin berlian
Cincin kawin berlian

Bentuk potongan berlian merupakan salah satu faktor yang menentukan harga berlian. Selain harga, tingkat kilauan berlian juga terpengaruh oleh bentuk potongannya. Jika anda berniat membeli berlian, telitilah lebih dahulu macam bentuk berlian serta kelebihan dan kekurangan setiap bentuk cincin berlian. 

Berikut adalah jenis potongan pada cincin berlian yang umum ditemui di pasaran.

  • Round cut 

Round cut merupakan potongan berlian yang berbentuk bundar. Bentuk ini merupakan yang paling umum dijumpai di antara bentuk lain. Alasannya, round cut merupakan bentuk klasik yang menawarkan kilauan paling indah dibanding bentuk lainnya. Seperti halnya pernikahan, bentuk melingkar dari batu berlian melambangkan cinta yang abadi selamanya.

  • Pearl cut

Pearl cut atau bisa juga disebut teardrop cut memiliki bentuk mirip tetesan air mata. Bentuk ini memiliki keunikan karena memiliki 2 sisi yang berbeda. Sisi 1 berbentuk runcing sementara satunya lagi tumpul. Bentuk ini melambangkan tangis bahagia pasangan pada hari pernikahan.

  • Cushion cut

Cushion cut memiliki bentuk yang mirip seperti bantal, karena sudutnya yang berbentuk persegi namun sedikit melengkung seperti bantal. Bentuk potongan ini juga cukup populer digunakan sebagai cincin kawin. Cushion cut melambangkan kesuburan dalam rumah tangga.

  • Heart cut

Seperti namanya, heart cut memiliki bentuk seperti lambang hati. Hati melambangkan wujud cinta yang nyata dan pernyataan tanda cinta pada pasangan, yang menandakan ia telah menyerahkan hatinya. 

  • Marquise cut

Bentuk ini sedikit unik, karena terinspirasi dari bentuk senyuman seorang wanita. Marquise cut memiliki bentuk elips atau seperti bibir tersenyum. Awalnya terinspirasi dari Madame de Pompadour, ratu prancis yang diberikan berlian oleh sang suami, mirip seperti senyumnya. Bentuk ini melambangkan senyum yang selalu hadir dalam rumah tangga.

  • Emerald cut

Emerald cut memiliki potongan yang berbentuk seperti tangga. Sisinya datar dengan sudut yang sedikit miring, sehingga memberikan ilusi seperti anak tangga. Kilauan cincin ini tidak seterang jenis lain, namun bagi anda yang ingin sesuatu yang berbeda, emerald cut layak dicoba. Bentuknya yang unik dan berani melambangkan berlanjutnya fase hidup ke tingkat lebih tinggi.

  • Radiant cut

Bentuk radiant cut hampir mirip seperti emerald cut, namun bentuk ini sedikit lebih kecil dan memiliki kilauan yang lebih terlihat dibanding emerald cut. Bentuk ini juga lebih banyak dipilih karena keindahannya yang menawarkan kesan klasik dan berkilau. 

Berlian memiliki beragam jenis bentuk yang sangat unik dan punya kelebihan tersendiri. Anda hanya perlu memilih yang sesuai selera anda dan pasangan untuk dijadikan cincin pernikahan yang menyatukan hubungan anda.