Salah satu hal penting yang harus Anda persiapkan saat ingin membangun rumah adalah memilih vendor interior design rumah. Mereka akan membantu Anda membuat hunian lebih nyaman dan juga estetik. Selain itu, vendor interior design juga mampu membuat desain sesuai budget dan keinginan.

Akan tetapi Anda harus pandai-pandai memilih vendor interior design agar bisa mendapatkan vendor berkualitas. Pasalnya tidak sedikit juga vendor yang belum berpengalam sehingga hasilnya kurang memuaskan. Untuk mendapatkan vendor terbaik, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diikuti saat memilihnya:

Pahami Apa yang Anda Inginkan

Setiap orang pasti sudah memiliki ekspektasi atau keinginan ketika akan membangun rumah. Sebelum memilih vendor interior design, Anda perlu memahami apa saja hal yang diekspektasikan atau diinginkan. 

Apabila memang belum memilikinya, cobalah untuk mencari inspirasi melalui internet atau media lain. Tujuannya yaitu agar Anda sudah memiliki gambaran saat berbincang-bincang dengan vendor interior design. Jangan lupa untuk memastikan bahwa desain yang diinginkan sudah sesuai budget

Memiliki Reputasi Baik

Setelah menentukan ekspektasi dan keinginan, selanjutnya Anda bisa mencari vendor interior design rumah dengan reputasi yang baik. Biasanya vendor dengan reputasi baik akan menjaga reputasinya tersebut sehingga tidak akan mengecewakan pelanggan atau klien. Anda bisa mencari vendor tersebut dengan bertanya kepada teman atau melihat testimoni yang ada di internet.

vendor interior design rumah
vendor interior design rumah

Memiliki Sistem yang Transparan dan Jelas

Anda bisa menemukan dua macam desainer interior yaitu desainer independen dan desainer di bawah perusahaan. Dibandingkan desainer independen, banyak orang lebih memilih desainer di bawah perusahaan. Alasannya karena desainer di bawah perusahaan memiliki sistem yang transparan dan jelas. Kejelasan ini termasuk dengan kontrak kerja sama, anggaran, dan lain sebagainya.

Lihat Portofolio

Portofolio bisa membantu Anda menemukan vendor interior design yang tepat. Melalui portofolio, Anda bisa melihat apakah desain dari vendor sesuai keinginan Anda atau tidak. Biasanya portofolio ini bisa Anda temukan di website resmi vendor yang dipilih. Jika tidak ada website, Anda bisa bertanya langsung dengan contact person atau call center vendor.

Bandingkan Beberapa Vendor

Agar bisa menemukan vendor terbaik, Anda perlu membandingkan beberapa vendor sekaligus. Jangan terlalu banyak karena malah akan membuang-buang waktu Anda. Bandingkan kualitas dan kesesuaian desain dari tiga vendor saja. Anda bisa memilih ketiga vendor tersebut melalui rekomendasi dan reputasi vendor.

Rincian Anggaran Transparan

Harga jasa merupakan salah satu pertimbangan yang tidak boleh Anda lupakan saat akan memilih vendor interior design. Pasalnya harga ini berkaitan dengan besarnya anggaran pembangunan rumah. Semakin tinggi harga jasa maka akan semakin besar anggaran yang dipersiapkan. Cari vendor yang terbuka tentang harga jasa. Tidak hanya harga jasa saja, vendor juga harus terbuka masalah harga kebutuhan interior. 

Pilih Sesuai Naluri Anda

Pertimbangan terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memilih sesuai naluri. Gunakan naluri untuk memilih vendor yang sesuai keinginan. Jika Anda menganggap vendor sudah cocok maka segera lakukan negosiasi harga. Menunda memilih vendor malah bisa membuat keinginan membangun rumah tertunda karena anggaran yang digunakan untuk hal lain.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar mendapatkan vendor interior design rumah terbaik. Salah satu tempat yang bisa digunakan untuk mencari vendor interior design adalah Masterumah.id. Melalui ruang inspirasi dari Semen Tiga Roda ini, Anda bisa menggunakan fitur Cari Vendor.

Pemilihan vendor bisa disesuaikan dengan kota Anda. Saat ini yang tersedia masih wilayah Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi. Lebih lengkapnya mengenai fitur Cari Vendor ini bisa Anda lihat langsung di masterumah.id.