Memiliki keterampilan atau skill khusus merupakan hal yang wajib dilakukan jika ingin bertahan di era digital seperti sekarang ini. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki kesempatan melanjutkan kuliah untuk meningkatkan skill.

Salah satu alasan paling mendasar mengapa banyak orang tidak bisa melanjutkan kuliah adalah karena masalah biaya. Solusi terbaik dari hal tersebut adalah mengikuti kursus film yang diselenggarakan oleh beberapa sekolah film.

Memang belum banyak sekolah film yang menyediakan kursus singkat di bidang ini. Meskipun begitu Anda tetap tidak boleh sembarangan memilih sekolah film. Pasalnya sekolah yang Anda pilih sangat berpengaruh pada keterampilan Anda nantinya. Agar mendapatkan sekolah terbaik, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba saat memilihnya:

Memiliki Tim Pengajar yang Baik

Tim pengajar perlu dijadikan pertimbangan karena mereka yang akan membimbing Anda selama kursus. Apabila tim pengajar memiliki kualitas yang baik, maka Anda juga bisa mendapatkan banyak ilmu.

Sebaiknya cari tim pengajar yang bekerja secara langsung di industri perfilman profesional. Pengalaman mereka akan membantu Anda setelah lulus kursus. Selain itu, idealnya seorang pengajar harus memiliki sertifikasi sesuai bidangnya.

Menyediakan Program Belajar Sesuai Kebutuhan Anda

Sebelum memilih tempat kursus film, Anda pasti sudah mempertimbangkan banyak hal. Misalnya apa saja yang ingin dipelajari selama menempuh pendidikan informal ini dan lain sebagainya.

Sesuaikan program belajar yang diberikan sekolah film dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Oleh sebab itu, lakukan riset terlebih dahulu pada beberapa sekolah film untuk mendapatkan sekolah film yang tepat.

kursus film
kursus film

Menghadirkan Fasilitas Lengkap

Perkembangan yang terjadi di dunia berjalan dengan cepat, hal tersebut juga berlaku di industri perfilman. Anda harus mencari sekolah film yang menghadirkan fasilitas lengkap.

Selain itu, pastikan juga bahwa fasilitas yang dihadirkan sudah sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Jadi Anda tidak akan merasa kebingungan menggunakan peralatan kekinian setelah lulus kursus dan bekerja di industri perfilman.

Metode Pembelajaran Sesuai

Metode pembelajaran harus sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena hanya berjalan dalam beberapa pertemuan saja, sebaiknya cari sekolah film yang menghadirkan banyak praktik dibandingkan teori.

Terlalu banyak teori membuat Anda kehilangan waktu sehingga belum bisa belajar langsung secara maksimal. Selain itu, pastikan bahwa materi yang diberikan setiap pertemuan sudah sesuai kebutuhan Anda.

Biaya

Hal terakhir yang harus diperhatikan saat memilih sekolah film adalah masalah biaya. Besar biaya yang Anda bayarkan biasanya tergantung dari kualitas yang diberikan oleh sekolah. Sekolah dengan kredibilitas yang baik pada umumnya menawarkan biaya yang lebih tinggi.

Meskipun begitu, ilmu yang didapatkan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Lakukan pertimbangan dengan matang mengenai biaya dan kualitas sekolah yang dipilih.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih sekolah film. IDS atau International Design School adalah pilihan tepat bagi Anda yang mencari sekolah film. Ada dua jurusan yang tersedia pada kelas kursus film yaitu Video Production dan Video Editing.

Kelas Video Production mempelajari mengenai proses produksi video yang nantinya akan didistribusikan melalui internet. Beberapa hal yang dipelajari yaitu storytelling, membedah konten vial, monetisasi video, dan juga ekosistem produksi video. 

Sedangkan pada kelas Video Editing, Anda akan lebih fokus belajar mengenai penggunaan aplikasi editing seperti Adobe Premiere Pro. Selain itu, Anda juga akan mengenal asset management, rendering akhir, dan editing dasar.

Keuntungan mengambil kursus di IDS yaitu mendapatkan sertifikat resmi yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan. Ayo daftarkan diri Anda melalui website resmi IDS yaitu idseducation.com.